Apabila Akta Lahir Tidak Bisa Diperbarui.

Seperti yang kita ketahui, umumnya untuk pasangan yang akan melakukan nikah campur ( pernikahan WN Indonesia dengan WN Asing ) terutama untuk beberapa negara tertentu dibutuhkan Akta Lahir yang tidak boleh lebih dari 6 bulan.

Maksud dari tidak boleh dari 6 bulan ini adalah akta lahir tersebut dikeluarkan tidak lebih dari 6 bulan ..nah loh ini yang bikin bingung kan?? Soalnya umumnya kita sudah di bikinkan akta lahir sejak kita masih bayi and itu artinya akta lahir yang dikeluarkan sudah bertahun-tahun yang lalu.

Tidak bermaksud sok ngerti hukum karena pengetahuanku tentang hukum memang minim sekali, tapi ketika aku akan mengurus segala surat yang berhubungan untuk nikah campur, aku kesulitan untuk mendapatkan akta lahir yang di perbarui agar “usia” akta lahir itu tidak lebih dari 6 bulan. Kebetulan aku tidak tinggal di kota dimana aku di lahirkan, awalnya aku mengira aku bisa membuat akta lahir yang baru di mana aku berdomisili sekarang tapi berdasarkan informasi kantor capil setempat, aku harus mengunjungi kantor capil dimana akta lahirku pertama kalinya di keluarkan :s.

Akhirnya aku pun mengemas dan menempuh perjalanan dengan pesawat yang kemudian di ikuti dengan 5 jam perjalanan dengan mobil hanya untuk mengunjungi kampung halamanku….wew

Setelah tiba di kantor capil setempat, aku pun menceritakan maksud kedatanganku dan yang terjadi?? Aku malah di beri “pelajaran” tentang akta lahir hanya bisa di keluarkan satu kali saja kecuali akta lahir kita rusak ataupun hilang dan tentunya dengan syarat2 tertentu. Aku bersikukuh bahkan menunjukkan bukti persyaratan untuk menikah campur dari handphoneku dan salah satu persyaratan tersebut menyebut tentang akta lahir hang tidak boleh lebih dari 6 bulan. Karena aku berkeras hati, adanya aku yang di bentak :(. Aku tahu beberapa kantor catatan sipil yang sudah sering menerima pernikahan campur terutama kota besar tentunya sudah tidak heran dengan pembaruan akta lahir tersebut, tapi tidak dengan kantor capil dikota kecil. Umumnya mereka akn bersikeras untuk tidak menngeluarkan akta lahir baru apapun alasannya.

Aku sempat down tapi untunglah aku tidak kehilangan akal, aku pun meminta untuk di buatkan Surat Keabsahan Akta Lahir, tapi lagi lagi mereka tidak tahu apa itu surat keabsahan.. entahlah apa mereka memang benar benar tidak apa itu atau pura pura tidak tahu…tapi setelah memberikan contoh, surat keabsahan ku pun di keluarkan..(tentunya dengan sedikit drama) dan kemudian aku pun bawa kembali dan puji Tuhan, Akta Lahir ku bisa di terima walaupun tidak di “perbarui”.

Jadi kesimpulannya, apabila Akta Lahir tidak bisa dikeluarkan oleh Capil setempat, maka mintalah surat keabsahan akta lahir.. berdasarkan pengalaman pribadi apabila sudah ada surat keabsahan lahir maka specimen tanda tangan untuk akta lahir tidak diperlukan lagi.. ( specimen tanda tangan di butuhkan untuk proses legalisasi di kemenkumham dan departemen luar negeri ).

So untuk kamu kamu yang mempunyai kesulitan dalam meminta akta lahir yang baru, mintalah surat keabsahan akta lahir jadi jangan berkecil hati dulu ya. Tapi sekali lagi ini hanya berdasarkan pengalaman pribadi saja jadi langkah proses mungkin saja berbeda.

Semoga postingan ini bisa membantu saudara yang kebetulan memiliki kesulitan dalam pembuatan akta lahir yang baru untuk kebutuhan nikah campur maupun untuk keperluan yang lainnya yang mensyaratkan akta lahir tidak lebih dari 6 bulan.

Iklan

8 pemikiran pada “Apabila Akta Lahir Tidak Bisa Diperbarui.

  1. Umumnya yang tinggal di daerah kesulitan untuk minta pembaharuan akta, petugas setempatnya yg tidak mengerti artinya. Saya ngurus di capil jakarta barat, waktu itu minta ditanda nama marga saja, toh jadi diperbaharui juga deh πŸ™‚ .

    Suka

    • Beuh..jangan di kata lagi sis..mending kalau ngak ngerti mau coba mendengarkan, kita dari mintanya yang halus tetep saja di bawa puter puter topicnya sampai akhirnya kita kekeh minta, adanya kita yang di omel2in…waktu minta surat keabsahan pun alasannya katanya nggak tahu.. akhirnya tahu sendiri deh sis apa yang harus kita lakukan kalau kita tahu diri pastinya..(pasti tahu apa kan maksudnyA he he ?)

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s