Pentingnya Bijak Dalam Bersocmed.

Nggak, aku nggak kepengen ngebahas politik yang katanya lagi memanas di tanah air tercinta sehingga banyaknya berita berita hoax yang merajalela. Emang sih ngebahasnya masih seputar berita Hoax… 

Sebagai seorang Mom to be, tentunya berita berita yang sering kali berhubungan dengan anak anak cenderung menarik perhatianku. Nah aku termasuk seseorang yang tidak mempunyai banyak akun socmed, belakangan ini aja mulai mencoba mengikuti jaman. Nah akhir akhir ini aku sering kali mendapati broadcast perihal penculikan anak yang konon katanya untuk di ambil organnya! Dan penculik ini berpura pura menjadi orang gila/gelandangan. Awal awalnya aku hampir percaya loh.. belum lagi beredar foto foto anak anak yang menjadi korban tersebut ( dengan jumlah yang sangat banyak ), cuman kelamaan aku curiga karena berita tersebut makin meluas dari berbagai daerah! Aku pun mencari tahu hal tersebut di sites yang bisa di percaya ( bukan semacam blog dll ), dan ternyata berita tersebut adalah HOAX, bahkan ada seorang nenek gila yang di hakimi massa karena warga ketakutan kalau nenek tersebut anggota sindikat pencurian organ ( tepatnya kabupaten Batang ).. ya wajar kalau orang gila di mintain keterangannya jawabannya tidak jelas.. namanya juga orang gila.. cuman rasanya kasian sekali apalagi saat polisi pun menyatakan nenek tersebut benar benar seorang gila.. andai tidak ada polisi..tidak menutup kemungkinan si nenek tewas oleh massa.

Anyway, selang sehari kemudian setelah membaca berita tersebut, aku mendapatkan broadcast lagi tentang penculikan anak anak yang berhubungan dengan pencurian organ. Aku pun hanya sekedar berkomentar untuk tidak terpancing dengan berita yang ada agar tidak menimbulkan keresahan pada masyarakat lainnya toh terlepas berita tersebut benar adanya atau tidak, sebagai orang tua bukankah sudah menjadi kewajiban kita untuk mengawasi anak anak kita? Nggak ada berita demikian juga nggak seharusnya anak pegi main tanpa di awasi KARENA yang namanya kejahatan hingga kecelakaan bisa terjadi dimana saja bahkan hanya dalam hitungan beberapa detik tanpa pengawasan orang dewasa, perlu adanya campur tangan orang tua untuk memberi pemgertian kepada anak anaknya untuk tidak sembarangan ikut orang lain ( teman, hingga saudara ) tanpa ijin orang tua apalagi orang asing. Maksudku sebagai orang tua/dewasa sudah sepatutnya kita ber WASPADA namun jangan sampai menjadikan suatu hal menjadj suatu ketakutan berlebihan yang kemudian menimbulkan keresahan dimana-mana yang kemudian justru merugikan orang lain ( seperti berita nenek gila itu ). Nah setelah berkomentar demikian aku justru di komentari salah satu pengguna socmed tersebut dan di bilang mencoba menghalangi yang membroadcast dan itu artinya aku adalah anggota mereka ( sindikat pencurian organ! ) dan seorang yang lain bahkan menggunakan kata kata yang menyakitkan! Baru kali itu aku merasakan betapa kejamnya dunia maya… *dramasedikit* dan di lain pihak merasakan betapa mengerikannya pengaruh berita hoax tersebut karena BANYAK sekali yang berkomentar dengan kata “Bun*h” atau “bakar hidup-hidup* :o… bar bar sekali bukan??? Aku bukan orang suci yang tentunya mempunyai kemarahan jika mendapati hal hal yang merugikan/menyakitkan orang lain. Tetapi membaca komen komen yang dengan mudahnya untuk menyuruh “bun*h” maupun bakar bahkan tanpa mau tahu itu berita benar atau tidak! Aku tidak berani membayangkan nasib nasib orang gila/gelandangan lainnya.. sungguh tidak adil jika mereka harus di sakiti seperti nenek gila di atas akibat ketakutan yang berkelebihan yang di sebabkan oleh berita yang tidak dapat di pertanggung jawabkan itu! Aku juga heran.. apakah yang di dapatkan oleh pembuat berita Hoax? Ketenarankah? Uangkah? Apa hal tersebut tidak menganggu ketenangan hidup mereka ya..

Self reminder buat aku sendiri juga untuk tidak segera mempercayai berita yang ada tanpa melakukan pencarian informasi yang lebih jauh terlebih dahulu agar tidak meneruskan fitnah. Dan semoga masyarakat bisa lebih bijak dalam bersocial media.

Iklan

5 pemikiran pada “Pentingnya Bijak Dalam Bersocmed.

    • Kalau nggak cari tahu.. salah salah ikut panik ya.. ( kayak aku pas awal awal terima broadcast begituan..sempat takut hingga percaya and ikut sebarkan juga.. :-s ), sekarang malah banyak berita pengemis, orang gila yang di hakimi karena ketakutan berlebihan itu :(.

      Suka

      • Iya kasian bgt ya itu. Aku gak pernah share berita sih apalagi kalau gak jelas gitu tapi skr kalau ada terima berita biasanya langsung cari tau supaya gak ketakutan gak jelas

        Suka

  1. Bumil sebaiknya jangan sering2 baca berita online yg begituan ntar ngaruh pada ketenanganmu 😉 bumil sebaiknya banyakin baca2 buku / majalah yg lebih bermanfaat biar tenang 😇

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s